Pages

Monday, February 2, 2015

Sejarah Ayat Seribu Dinar



Pada zaman dahulu ada seorang pedagang lelaki yang bermimpi didatangi Nabi Khidir. Pedagang itu kemudian diperintahkan untuk bersedekah uang sebanyak seribu dinar. Setelah tiga kali mengalami mimpi yang sama pedagang itu mula berfikir bahwa mimpi yang beliau alami itu adalah benar. Pedagang itu pun bersedekah uang sebanyak seribu dinar, seperti yang diperintahkan. Setelah itu, sekali lagi pedagang tersebut bermimpi bertemu Nabi Khidir. Lalu Nabi Khidir pun mengajarkanlah pada pedagang itu ayat 2-3 surah at-Talaq untuk diamalkan. Lalu beramallah pedagang itu dengan ayat tersebut.

Sehingga pada suatu hari pedagang tersebut ingin pergi berdagang ke suatu tempat yang lain dengan menggunakan jalan laut yaitu menaiki kapal. Di tengah pelayaran ia dilanda angin taufan yang sangat dahsyat. Yang dilakukan oleh pedagang itu hanyalah bertawakkal pada Allah sambil terus menerus membacakan ayat yang telah diajarkan Nabi Khidir.
Akhirnya kapal yang beliau naiki pecah diterjang ombak, semua penumpangnya tewas kecuali pedagang tersebut. Setelah angin reda, beliau mendapati dirinya terdampar di tepi pantai sebuah negeri bersama barang dagangannya yang tidak rusak walau sedikitpun. Sambil menadahkan tangan, dia mengucapkan syukur ke hadhrat Allah SWT, beliau sadar akan kebesaran ayat yang diamalkannya itu. Lalu pedagang itu mengambil keputusan untuk tinggal di negeri tersebut.

Tinggallah lelaki itu di negeri yang baru, berdagang dan berniaga dengan penduduk setempat, disamping terus mengamalkan membaca ayat 2-3 surah at-Talaq, sehingga beliau diangkat menjadi raja di negeri tersebut (rezeki yang tidak disangka-sangka). Begitulah kisahnya, sehingga ayat yang diajarkan Nabi Khidir ini disebut ayat seribu dinar.

No comments:

Post a Comment